Lubang Resapan Biopori



Lubang Resapan Biopori (LRB) adalah metode pembuatan lubang-lubang pada permukaan tanah untuk menambah resapan air hujan kedalam tanah, sehingga ketersediaan air tanah dapat terjaga. Fungsi lain LRB adalah mencegah banjir, dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Pembuatan LBR  ini juga sekaligus menghasilkan pupuk Kompos yang lebih ramah lingkungan. Metode LBR  dicetuskan oleh Ir. Kamir R Brata, M.Sc, salah satu peneliti dari Institut Pertanian Bogor.

Peningkatan daya resap air pada tanah dilakukan dengan membuat lubang pada tanah dan menimbunnya dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang ini kemudian dapat menghidupi fauna tanah, yang seterusnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah. Teknologi sederhana ini kemudian disebut dengan nama biopori.

Yayak Yatmaka seorang alumni Seni Rupa ITB angkatan 1977, telah menciptakan lukisan-lukisan tentang cara-cara membuat Lubang Resapan Biopori (LRB). Beliau mengajarkan kepada kita tentang pembuatan dan manfaat Lubang-Lubang Resapan Biopori, dan juga meng-kampanyekan-nya dengan cara   membagikan poster-poster tentang LRB berikut ini.


Poster #1 :  Penjelasan tentang Lubang Resapan Biopori & alat-alat yang diperlukan untuk membuat lubang biopori




Poster #2 : Cara membuat Lubang Resapan Biopori




Poster #3 : Apa saja yang bisa dimasukan kedalam Lubang Resapan Biopori




Poster #4 :  Memanen kompos dan manfaat multi guna Lubang Resapan Biopori






Link untuk mengunduh (download) ke-4 poster tersebut :

http://pub.bhaktiganesha.or.id/itb77/files/Biopori/